Kedudukan Pasar dalam Kegiatan Ekonomi

Kedudukan Pasar dalam Kegiatan Ekonomi

Pada awal pembahasan, sudah ada sedikit gambaran bahwa tempat yang memudahkan kita untuk mencari barang-barang yang kita butuhkan ialah pasar. Segala macam kebutuhan rumah tangga, alat tulis, obat, sandang, dan lain-lain, ada di pasar.

Secara rinci. peranan pasar bagi konsumen, produsen, dan pemerintah adalah sebagai berikut.

  1. Bagi konsumen, pasar memberikan kemudahan untuk memperoleh kebutuhan barang maupun jasa.
  2. Bagi produsen, pasar merupakan tempat untuk memperoleh bahan baku dan menjual hasil produksi.
  3. Bagi pemerintah, Pemerintah juga melakukan kegiatan konsumsi barang dan jasa. Misalnya, pemerintah perlu membeli alat-alat perlengkapan kantor, baju seragam pegawai, dan lain-lain. Kebutuhan barang dan jasa yang diperlukan pemerintah dapat diperoleh di pasar. Selain itu, pasar juga mendatangkan pemasukan bagi pemerintah melalui pajak atau retribusi, seperti retribusi parkir atau kebersihan.
Selain berperan memenuhi kebutuhan konsumen, produsen, dan pemerintah, pasar juga memiliki banyak fungsi. Pasar mempunyai fungsi sebagai berikut.

  1. Fungsi Distribusi. Distribusi merupakan kegiatan ekonomi yang penting karena memperlancar hubungan antara produsen dengan konsumen. Pasar merupakan tempat distribusi karena produsen dapat menjual hasil produksinya di pasar melalui perantara atau pedagang sehingga konsumen dapat memperoleh kebutuhannya dengan mudah di pasar.
  2. Fungsi Pembentukan Harga. Hampir di setiap sudut pasar tradisional, kita banyak menemui pembeli dan penjual yang sedang melakukan tawar menawar. Pembeli biasanya akan berusaha mendapatkan barang yang dibutuhkannya dengan harga lebih murah, sebaliknya penjual akan berusaha menjual barang dagangannya dengan harga setinggi-tingginya. Dari hasil tawar-menawar tersebut, akan terjadi harga yang disepakati oleh penjual dan pembeli sehingga terjadi transaksi. Jika tidak ada kesepakatan harga, transaksi tidak dilakukan.
  3. Fungsi Promosi. Selain kedua fungsi di atas, pasar juga mempunyai fungsi promosi. Misalnya, sebelum ke pasar Ibu tidak berminat untuk membeli teh karena persediaan di rumah masih mencukupi. Akan tetapi, setelah di pasar ada penjual yang menawarkan teh dengan harga yang lebih murah dari biasanya ditambah dengan hadiah berupa satu kantung gula. Ibu mempertimbangkan bahwa harganya sangat murah sehingga Ibu memutuskan untuk membelinya.

Rangkuman Materi Pasar

  • Pasar merupakan tempat bertemunya pihak pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi sehingga terjadi proses jual beli.
  • Pasar barang dan jasa dapat dikelompokkan berdasarkan (1) mutu pelayanannya, (2) sifat pendistribusiannya, (3) luas jaringan distribusinya, 4) waktu. dan (5) berdasarkan posisi perusahaan di dalam pasar.
  • Bagi konsumen, pasar memberikan kemudahan untuk memperoleh kebutuhan barang maupun jasa dan bagi produsen, pasar merupakan tempat untuk memperoleh bahan baku dan menjual basil produksi.
  • Berdasarkan struktur pasar, pembagian pasar meliputi pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar persaingan monopolistis, dan pasar oligopoli.
  • Pasar mempunyai fungsi distribusi, fungsi pembentukan harga, dan fungsi promosi.

Postingan populer dari blog ini

Pelaku Ekonomi, Sektor Rumah Tangga Konsumen, Sektor Rumah Tangga Produsen

Perekonomian Dua Sektor, Perekonomian Tiga Sektor, Perekonomian Empat Sektor (Perekonomian Terbuka)

Peranan Pelaku Ekonomi, Rumah Tangga, Perusahaan (Firm), Pemerintah (Government), Koperasi (Cooperation)

Aktivasi Pulsa

Pengertian Distribusi